Jumat, 01 Maret 2013

Fungsi komponen-komponen atau bagian-bagian pada komputer


Biasanya  komputer jika dilihat dari bentuk fisik kita hanya mengetahui komputer hanya terdiri dari CPU, monitor, mouse, dan keyboard.Tetapi kita tidak mengetahui apa saja yg biasanya terdapat pada CPU itu sendiri.Berikut adalah beberapa komponen atau bagian komputer secara hardware secara singkat:
1.      CPU
a)      Motherboard .

http://cdn.computerhope.com/bigmb.jpgMotherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut. Motherboard sendiri digunakan dengan cara diberikan masukan dari catu daya (power supply),sehingga dapat hidup sebagaimana mestinya.

b)      Processor.
http://static3.depositphotos.com/1001512/138/i/950/depositphotos_1385460-Computer-Processor.jpg
Processor bisa diibatarkan seperti otak pada mahluk hidup,Karena processor bertugas untuk memproses data yang diterima dari masukan (input), seterusnya akan menghasilkan keluaran (output). Semasa kerja memproses data tersebut, processor juga akan sentiasa berhubung dengan komponen komputer yang lain, terutama hard disk dan RAM. Ketika kita ingin membeli processor pastikan terlebih dahulu spesifikasi apa yang dapat di sanggupi oleh motherboard.


c)      RAM (Random Access Memory).
http://svhostingblog.com/wp-content/uploads/2011/06/ram.jpgRAM  merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.Jika kita ingin membeli RAM pastikan terlebih dahulu spesifikasi apa yang dapat di sanggupi oleh motherboard.

d)      http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/ee/Video_card_(02).jpgVideo Card.
Fungsi Video Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Video Card berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game. Jika kita ingin membeli Video Card pastikan terlebih dahulu spesifikasi apa yang dapat di sanggupi oleh motherboard apakah slot PCI, AGP, PCI-X, PCI Express, atau lain sebagainya.


e)      http://static.ddmcdn.com/gif/sound-card-2.jpgSound Card.
 Sound Card adalah Suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suaraSound card memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai synthesizer, sebagai MIDI interface, pengonversi data analog ke digital (misalnya merekam suara dari mikrofon) dan pengkonversi data digital ke bentuk analog (misalnya saat memproduksi suara dari spiker). Dan biasanya terdapat pada komputer-komputer yang bercirikan Multimedia.Jika kita ingin membeli Video Card pastikan terlebih dahulu spesifikasi apa yang dapat di sanggupi oleh motherboard.

f)       Harddisk.

http://static.ddmcdn.com/gif/adding-a-hard-disk-1-1.jpgHardisk merupakan ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya. Harddisk terdiri dari spindle, Cakram Magnetik, Read-write Head, Enclosure, dan Interfacing Module.

g)      Optical Disk Drive

Walaupun tanpa sebuah optical disc drive komputer kita bisa nyala atau berfungsi, tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari dunia luar, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika suatu saat ingin meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD. Optical Disc Drive ini bisa berupa CD-ROM, DVD-ROM, DVD-RW, Blue-Ray, atau lain sebagainya. Sebelum membeli sebuah optical disk drive kalian harus mencari tahu dulu interface apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SATA, atau lain sebagainya.http://herimuriyanto.files.wordpress.com/2011/01/23.jpg


h)      Power Supply.
http://herimuriyanto.files.wordpress.com/2011/01/27.jpgPower supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya.Power Supply sendiri akan dialiri oleh listrik  dan akan mengkonversi listrik sehingga daya pada masing-masing komponen tidak berlebihan sehingga mengakibatkan rusak pada komponen tersebut.




i)        Casing.

http://static.clickbd.com/global/classified/item_img/838306_0_original.jpg Casing berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya.Casing juga berfungsi sebagai pelindung.









2.      Mouse.
http://herimuriyanto.files.wordpress.com/2011/01/26.jpg?w=300&h=235 Mouse berfungsi sebagai membantu user mengendalikan komputer dengan cara menggerakkan cursor di layar monitor.
3.      Monitor.
http://herimuriyanto.files.wordpress.com/2011/01/24.jpg?w=289&h=300Monitor berfungsi untuk menampilkan gambar yang telah diolah oleh video card.
4.      Keyboard.
http://herimuriyanto.files.wordpress.com/2011/01/251.jpg?w=300&h=188Keyboard berfungsi sebagai pengendali software pada komputer. Keyboard akan mengirimkan sinyal inputan pada komputer ketika user mengetikkan sesuatu pada keyboard sehingga komputer memproses inputan dan menampilkan  di layar.

Referensi

To:
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar