Senin, 18 Maret 2013

Melakukan perintah-perintah dasar pada Windows XP dengan menggunakan Command Prompt



Untuk Membuka Command Prompt kita dapat melakukannya dengan cara klik Start> All Programs> Accessories> Command Prompt.
Berikut ini merupakan beberapa perntah dasar yang dapat digunakan pada Command Prompt

- DIR

DIR adalah singkatan dari "direktori," dan mengetik DIR akan menampilkan daftar file dan sub-direktori di dalam direktori saat ini. Berikut daftar direktori akan jumlah ruang hard drive yang digunakan oleh jumlah (tidak termasuk sub-direktori) serta direktori total ruang disk.

Ada beberapa pengubah - disebut switch - yang dapat Anda gunakan dengan DIR. Switch di DOS yang digunakan untuk memodifikasi perintah dalam beberapa cara, dan Anda menggunakan mereka dengan mengetik spasi dan kemudian garis miring setelah perintah, dan kemudian tombol itu sendiri. Misalnya, untuk menggunakan "/p" switch dengan DIR (satu halaman yang berisi daftar direktori dan kemudian menunggu bagi Anda untuk menekan tombol sebelum melanjutkan), Anda akan dir "tipe /p". Anda juga dapat menggunakan "/w" (yang berisi daftar isi direktori dalam beberapa kolom, bukan dari satu kolom tunggal) dan "/o" (yang semacam direktori abjad). Switch ini semua dapat digunakan secara individu atau bersama dengan satu sama lain.

- DEL

DEL adalah singkatan dari "delete," dan itu adalah bagaimana Anda menghapus file di DOS. Sintaks yang benar adalah "DEL <filename>". Pada DOS, Anda harus menggunakan ekstensi file, sehingga mengetik "testfile DEL" akan menghapus file yang bernama "testfile" jika ada, tetapi tidak akan menghapus file yang bernama "testfile.txt" atau "testfile.doc". Anda harus mengetik "testfile.txt DEL" (atau doc)., Atau Anda juga dapat menggunakan wildcard.

DOS sangat menyukai wildcard. Anda dapat menggunakan karakter "?" untuk mengganti satu huruf dalam sebuah file, atau "*" untuk menggantikan sejumlah surat. Jadi mengetik "testdoc.tx DEL?" akan menghapus file yang bernama "testdoc.txa," "testdoc.txb," "testdoc.txc," dan seterusnya. Demikian pula, mengetik "DIR *. exe" akan menampilkan daftar file dalam direktori saat ini yang telah "exe" ekstensi setelah nama mereka..

- CD

CD adalah singkatan dari "change directory" dan tidak tepat. Mengetik CD <directory> akan membawa Anda ke sub-direktori tersebut. Misalnya, jika Anda berada di "C:\ Documents and Settings" direktori, dan dalam direktori adalah sub-direktori bernama "Semua Pengguna," Anda dapat berpindah ke direktori "Semua User" dengan mengetik "CD semua pengguna". Untuk berpindah ke direktori lain yang bukan merupakan sub-direktori dari direktori saat ini, Anda harus menggunakan garis miring kembali, yang berarti direktori root. Jadi untuk beralih ke direktori Windows, Anda bisa mengetik "CD\windows", Mengetik "CD\" tanpa nama direktori akan membawa Anda tepat ke direktori root.

Anda juga dapat bergerak ke atas direktori dengan CD. Mengetik .. "CD" akan membawa Anda naik satu tingkat direktori. Mengetik "CD" dengan sendirinya tidak akan menggerakkan Anda di mana saja - ia hanya akan menampilkan direktori sekarang.

- MD, RD

MD adalah singkatan dari "make directory," dan itu cukup mudah untuk menebak apa yang dilakukannya. Mengetik "MD test" akan membuat sub-direktori bernama "test" di direktori saat ini apa pun Anda berada masuk.

Sedangkan DEL digunakan untuk menghapus file, RD ("menghapus direktori") digunakan untuk menghapus direktori. Namun, itu hanya dapat digunakan untuk menghapus direktori kosong, jadi jika direktori masih memiliki file atau sub-direktori tersebut, Anda harus menghapusnya terlebih dahulu (baik menggunakan DEL atau RD) dan kemudian menghapus direktori utama setelah memiliki telah dikosongkan.

- HELP

HELP adalah perintah yang sederhana yang akan menampilkan daftar panjang perintah DOS. HELP tidak dapat digunakan dengan saklar - hanya menampilkan perintah dan deskripsi singkat untuk masing-masing. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang perintah individu, ketik "<command>/?", Di mana <command> adalah perintah yang Anda ingin informasi tentang.

- CLS

CLS lebih untuk mata Anda dari apa pun. DOS adalah lingkungan berat-teks, dan kadang-kadang bisa sulit untuk menyeberang melalui seluruh halaman surat putih. Ketika Anda sudah cukup, CLS ketik untuk menghapus layar dan mulai yang baru.

- EXIT

Jika Anda menjalankan DOS dari dalam versi Windows, ketik EXIT ketika Anda sudah selesai menggunakan baris perintah. Ini akan menghapus sesi DOS dan menutup window.

To:

1 komentar: